Konstruksi Jembatan Mengenal 3 Jenis Pembangunan Jembatan

Jasa Konstruksi - 27 January 2019, By kontraktor

Konstruksi jembatan mengenal bagaimana dan apa saja 3 jenis jasa konstruksi jembatan merupakan bagian yang penting untuk diperhatikan saat pembangunan sebuah jembatan. Seperti yang telah diketahui bahwa jembatan memiliki peranan yang penting untuk menghubungkan antara satu tempat dengan tempat yang lain. Bahkan kini jembatan juga sudah banyak yang dibangun diatas laut sehingga dapat menghubungkan dua pulau. Pastinya jembatan harus dibangun dengan sebaik mungkin termasuk yang paling penting adalah mempersiapkan konstruksi jembatan tersebut.
Inilah 3 Jenis Konstruksi Jembatan
Pembangunan sebuah jembatan memang harus menggunakan perencanaan yang matang. Tujuannya agar jembatan dan tersebut nantinya tetap kuat dan aman meskipun harus dilewati oleh ratusan orang dan kendaraan. Tak sedikit jembatan yang mudah rusak akibat kurangnya perhitungan saat perencanaan konstruksi jembatan tersebut.
Jika jembatan yang dibangun tersebut kurang matang dari konstruksi pastinya bisa menimbulkan bahaya serta mengancam keselamatan banyak orang. Oleh karena itu sangat penting dalam pembuatan jembatan untuk memperhatikan konstruksinya. Berikut ini akan dijelaskan 3 jenis konstruksi bangunan jembatan yang bisa menambah wawasan Anda.
1. Beam Bridge
Konstruksi jembatan yang satu ini merupakan jenis konstruksi yang sangat sederhana dibandingkan dengan jenis konstruksi lainnya. Pembuatan konstruksi ini menggunakan balok-balok jalan yang memanjang secara horisontal serta ditopang oleh balok batu yang disusun vertikal pada bagian bawahnya. Untuk balok penumpu yang digunakan biasanya dibuat dari bahan batang baja serta beton lalu ditanam di dalam tanah agar keseimbangan serta kekuatan konstruksi tetap terjaga dengan baik.
2. Truss Bridge
Konstruksi yang satu ini mampu menghasilkan jembatan yang lebih kokoh karena terdapat tambahan kerangkan truss dengan bentuknya berupa segitiga diatas jembatan. Kerangka yang dipasang ini juga memiliki fungsi penting pada jembatan yaitu dapat mentransfer beban satu titik ke titik lainnya secara meluas sehingga beban jembatan akan menyebar.
Konstruksi jembatan
3. Arch Bridge
Konstruksi yang satu ini membentuk lengkungan yang menyerupai busur dibagian bawah jalan horisontal. Pembuatan konstruksi ini hanya membutuhkan material dalam jumlah yang sedikit dibandingkan dengan pembuatan beam bridge. Sedangkan ketahanan arch bridge memang lebih bagus dibandingkan dengan truss bridge. Melalui penjelasan diatas kini Anda bisa memperoleh wawasan baru mengenai konstruksi jembatan. Dimana untuk masing-masing konstruksi memiliki keunggulan serta kelemahan masing-masing dan bisa Anda pilih sesuai dengan kondisi dan fungsi jembatan yang akan dibangun.
META
Judul : Mengenal 3 Jenis Konstruksi Bangunan Jembatan
Deskripsi : pembuatan jembatan juga harus memperhatikan konstruksi dimana terdapat 3 jenis konstruksi jembatan yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan dan kondisi wilayah.

Konstruksi Jembatan Mengenal 3 Jenis Pembangunan Jembatan | kontraktor | 4.5